Telinga Berdengung Gejala

Telinga Berdengung GejalaTelinga berdengung seperti ada air yang tidak bisa keluar atau terasa penuh seperti ada angin yang tidak bisa keluar, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena fungsi ginjal yang lemah. Penyebab lainnya terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka waktu yang panjang. Kalau sampai keluar nanah maka pasti ada luka di dalam telinga, mungkin karena tergores alat pembersih telinga atau juga bisa karena jamur.

Telinga Berdengung Gejala

Telinga Berdengung Gejala

Untuk mengetahui di bagian mana letak permasalahannya, bisa dideteksi dengan cara menekan bagian tertentu di telinga. Kalau daun telinga sakit dipegang maka berarti masalahnya di daun telinga. Kalau ditekan di depan lubang telinga sakit maka masalahnya di saluran telinga. Adapun bila ditekan di belakang teling sakit maka permasalahannya di dalam telinga (bagian terdalam telinga yang menyerupai rumah keong).

Menurut teori akupuntur, telinga berada di bawah kekuasaan ginjal. Jadi, untuk mengobati masalah yang ada di telinga, perkuat juga organ ginjal. Telinga berdengung gejala dapat disebabkan oleh infeksi pada telinga, saraf pendengaran atau karena badan terlalu lelah. Suara keras yang terdengar oleh orang yang menderita telinga berdengung, suara berdesis. Beberapa orang mendengar suara yang rumit yang baik turun setiap waktu.

Sekitar lebih dari 75% masalah yang berhubungan dengan telinga termasuk telinga berdengugn sebagai sebuah gejala, termasuk luka yang terjadi gendang telinga, infeksi pada telinga, saluran telingga yang tersumbat akan kotoran dan cairan yang menumpuk di dalam telinga. Kotoran dan cairan yang berada dalam genang telinga yang menyebabkan pipa eustachius kehilangan pendengaran.

Telinga berdengung gejala juga bisa terjadi dengan gangguan yang berasal telinga bagian luar termasuk anemia, jantung dan gangguan pembuluh darah seperti hipertensi dan asterioklerosis, kelenjar tiroid jinak (hypothyroidism) dan luka bagian kepala.

Telinga berdengung gejala dan bukan suatu penyakit tertentu. Sangat sering terjadi 10-15% orang yang mengalami beberapa tingkat pada telinga berdengung. Gejala yang sering muncul seiring dengan terjadinya gangguan telinga berdengung adalah di antaranya: muncul suara atau bunyi di dalam telinga. Padahal, tidak ada suara apa pun yang terdengar.

Penderita biasanya merasakan bahwa telinga terdengar berisik, seperti mendenging, mendengung, berdenyut, menderum, dan sebagainya. Pendengaran semakin berkurang dari hari ke hari hingga akhirnya menghilang sama sekali.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit tinnitus gejala adalah :

  1. Masking devices
    Masker tinitus mempunyai manfaat yang baik untuk membantu mengatasi masalah tinnitus, alatnya lebih mirip dengan alat bantu dengar yang di gunakan dengan cara memainkan suara yang lebih menyenangkan daripada suara internal yang malah menjadi penyebab masalah telinga berdengung atau tinnitus. Instrumen dari tinnitus merupakan suatu teknologi baru dan merupakan suatu kombinasi dari alat bantu dengar yang erasal dari masker.
  2. Tinnitus Retraining Therapy (TRT)
    Terapi ini dilakukan dengan menggunakan keutamaan kemamuan otak untuk proses habituasi atau proses membiasakan diri. Hal ini dialakukan dengan tujuan untuk menyaring sinyal yang ada pada tingkat bawah sadar agar sinyal tersebut masuk persepsi dalam keadaan sadar. Habituasi atau kebiasaan tidak memerlukan suatu kesadaran untuk melakukan dan menerapkannya. Orang biasanya lebih sering membiasakan diri mereka pada banyak suara seperti suara AC, suara kipas, komputer, lemari es, serta hujan yang ringan sehingga tidak terlalu mengganggu. Dan suatu kesamaan dari beberapa contoh tadi adalah tidak mempunyai suatu arti yang terlalu penting, sehingga tidak dianggap keras. Dan dengan demikian, otak akan bisa menyaring suara itu.
    Ada dua bagian pada TRT :
    - Orang dengan telinga berdengung yang akan mendengarkan beberapa sumber suara berasal netral kemanapun dia akan pergi dan termasuk dalam hal memakai generator suara yang ada di dalam telinga.
    - orang dengan telinga berdengung biasanya akan menerima konseling dengan empat mata.

Untuk pengobatan tinnitus atau telinga berdengung biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 12-14 bulan dan menjadi suatu hal yang sangat sukses pada tangan ahli yang berpengalaman.

Selain itu, dalam mengobati telinga berdengung, ada terapi kognitif yang bisa dilakukan adalah dengan konseling yang bisa membantu seseorang dalam hal memodifikasi reaksi pada diri sendiri dari terjadinya masalah telinga berdengung atau tinnitus. Metode ini akan bekerja dengan optimal jika dipadukan dengan terapi yang lainnya misalnya adalah seperti terapi masking atau juga obat-obatan untuk telinga berdengung.

Relaksasi dengan menggunakan terapi biofeedback yang dilakukan untuk membantu mereka dengan cara mengelola stres dengan mengubah reaksi yang terjadi pada mereka dalam hal menghadapi stres. Untuk beberapa orang, metode ini ternyata sangat membantu dalam mengobati penyakit telinga berdengung.

Itulah beberapa informasi mengenai telinga berdengung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Telinga Berdengung Gejala


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Telinga Berdengung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>