Penyebab dan Cara Mengobati Telinga Berdengung

Telinga berdengung tentu ada penyebabya. Mulai dari kebiasaan membersihkan telinga yang salah sampai faktor dari luar, seperti mendengar bunyi musil yang keras lewat headset. Kalau telinga Anda tiba-tiba berdengung, cobalah atasi dengan cara menghndari bunyi-bunyian keras atau pakai penyumbat telinga, dengarkan bunyi-bunyian yang enak didengar seperti musik serta hindari mengonsumsi nikotin, kafein dan alkohol karena dapat memperburuk keadaan.

Telinga berdengung dapat dialami oleh setiap orang tanpa terkecuali, terkadang ada anggapan telinga berdengung terjadi akibat kesalahan ketika membersihkan telinga atau menggorek telinga terlalu dalam dan penyebab lain. Telinga berdengung jika terjadi dalam waktu lama tentunya akan mengganggu pendengaran. Biasanya dokter akan melakukan diagnosis yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan pengobatan terhadap telinga yang berdengung. Pasca dilakukan diagnosis biasanya akan diketahui penyebab mengapa telinga berdengung dan segera dilakukan tindakan untuk pengobatan atau pencegahan penyakit supaya tidak lebih parah.

Penyebab telinga terasa berdengung atau telinga sulit mendengar adalah karena adanya perbedaan tekanan antara telinga bagian dalam dengan lingkungan luar. Penyebab adanya perbedaan tekanan ini adalah tersumbatnya saluran udara yang menghubungkan telinga dalam dengan lingkungan luar (hidung). Sumbatan saluran ini kebanyakan disebabkan oleh naiknya ingus/ lendir yang berasal dari hidung dari seseorang yang menderita batuk pilek beberapa hari sebelumnya. Keluhan yang dirasakan penderita adalah telinga terasa penuh, telinga berdengung, pendengaran menurun, telinga bindeng.

Apabila gangguan ini dibiarkan maka lama kelamaan perbedaan tekanan ini akan mengakibatkan gendang telinga mengembung. Selain itu, sumbatan saluran ini akan memudahkan pertumbuhan kuman hingga timbul infeksi di dalam telinga. Akhirnya, karena tidak diobati dengan pengobatan yang adekuat, gendang telinga akan pecah diiringi dengan keluarnya nanah yang berasal dari infeksi telinga.

telinga berdengung harus segera di obati bila sudah berlangsung lama, karena akan menyebabkan ketulian atau kerusakan pada telinga sehingga telinga sulit untuk menangkap dan menyaring suara yang masuk. Berikut ada cara mengobati telinga berdengung, yakni :

- Kadangkala, tidak ada pengobatan khusus yang dilakukan, karena tiga empat hari akan segera hilang sendiri dengan meredanya keluhan batuk pilek.

- Obat-obatan antihistamin dan dekongestan. Obat antihistamin dan dekongestan seperti CTM biasanya sudah tergabung dari obat batuk pilek yang biasa diberikan oleh dokter. Antihistamin dan dekongestan terbukti membantu membersihkan dan menghilangkan sekresi dan sumbatan di sinonasal.

- Antibiotik. Obat antibiotik diperlukan jika dicurigai ada gangguan tambahan seperti nyeri pada daerah telinga yang disertai dengan demam.


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Telinga Berdengung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Penyebab dan Cara Mengobati Telinga Berdengung

  1. indra gunawan says:

    istri saya mengalami penyakit..1 kangker payudara, setelah menjalani kemoterapi sebanyak 2 siklus, sekarang muncul penyakit yg lain, telinga berdengung, stelah berdengung datang sakit kepala trus muntah muntah, tolong kasi saran gimana cara mengobati nya secara alami atau herbal atau alternatip

  2. ferry perdiansyah says:

    Sealamt malam dokter, saya kebetulan hampir kurang lebih sudah 8 bulan mengalami telinga berdengung, awalnya sakit filek disertai sakit dikedua telinga saya, mohon bantuannya untuk berobat dan cara mengobati telinga saya ini terima kasih. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>